• SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN
  • SEKOLAH TERAKREDITASI A

PRAKERIN SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN

PENDAHULUAN

Sejalan dengan pertumbuhan dunia usaha dan industri di Indonesia, permintaan tenaga terampil lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi semakin meningkat. Oleh karena itu, SMK perlu membekali peserta didiknya dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dunia usaha dan industri.


Ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia makin menegaskan bahwa SMK harus semakin lebih mendekatkan diri dengan kebutuhan dunia kerja. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah dengan menyelenggarakan program keahlian yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri agar penyelenggaraan pendidikan di SMK menjadi efektif.


Program Sertifikasi Keahlian dan Sertifikasi Pendidik Guru SMA/SMK (Keahlian Ganda) yang selanjutnya disebut Program Keahlian Ganda merupakan program pemberian tambahan kewenangan mengajar bagi guru SMA/SMK yang mengajar mata pelajaran tertentu menjadi guru mata pelajaran produktif di SMK pada kompetensi keahlian tertentu yang berbeda dengan kompetensi keahlian sebelumnya. Oleh karena itu, guru peserta Program Keahlian Ganda perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dunia usaha dan industri terkait dengan kompetensi yang dipilih. Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang dilakukan pada saat In Service Training (In) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk membekali guru peserta Program Keahlian ganda tentang dunia kerja di industri.


Praktik Kerja Industri dilaksanakan untuk memberikan pengalaman kepada peserta tentang dunia kerja di industri yang relevan dengan kompetensi keahlian ganda peserta. Penyelenggaraan kegiatan praktik kerja industri pada Program Keahlian Ganda akan banyak melibatkan berbagai pihak, yaitu Direktorat Jenderal GTK, PPPPTK/LPPPTK KPTK, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Propinsi, SMA/SMK, guru pendamping dan guru peserta, serta
dunia kerja/industri. Agar standar output dari penyelenggaraan kegiatan ini tercapai, maka standar proses dari penyelenggaraan praktik kerja industri perlu ditetapkan dan disosialisasikan kepada berbagai pihak terkait. Oleh karena itu disusunlah Panduan Praktik Kerja Industri ini.

Klik disini untuk Buku Panduan 

Klik disini DAFTAR PESERTA PRAKERIND 2021/2022

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Portal Guru

Portal Guru

28/02/2022 15:31 - Oleh Administrator - Dilihat 956 kali
Elearning

Elearning

28/02/2022 15:31 - Oleh Administrator - Dilihat 761 kali
SMARTNB

SMART NB

28/02/2022 15:26 - Oleh Administrator - Dilihat 634 kali
Sejarah SMK Nawa Bakti Kebumen

SEJARAH SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN DAN WAWASAN WIYATA MANDALA   SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN didirikan oleh Yayasan Nawa Bhakti Kebumen tanggal 25 Bulan Mei tahun 1976. Dahulu Namanya masi

11/01/2022 10:45 - Oleh Administrator - Dilihat 2005 kali
Akuntansi Keuangan Lembaga

Pelatihan Digital Entrepreneurship

27/10/2021 14:17 - Oleh Administrator - Dilihat 1072 kali