• SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN
  • SEKOLAH TERAKREDITASI A

HADROH

 


ARTIKEL

 

LATIHAN GABUNGAN GRUP HADROH DI SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN

KEBUMEN (3/ 10/ 2021) Grup Hadroh SMK N 2 Kebumen, SMK N 1 Aliyan, dan SMKS NAWA BHAKTI Kebumen mengadakan kegiatan latihan bersama yang bertempat di SMK NAWA BHAKTI Kebumen, kegiatan tersebut bertujuan untuk merekatkan tali silaturahmi siswa antar sekolah, tiga grup hadroh dari masing-masing sekolah merapatkan barisan menjadi satu untuk bersholawat kepada Rasulullah Saw.  Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan contoh bahwa sudah tidak jamannya lagi antar sekolah tawuran.

Berbicara sholawat kita diperintah untuk bersholawat kepada Rasulullah Saw, dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 56 Allah SWT Berfirman:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِيِّۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ صَلُّواْ عَلَيۡهِ وَسَلِّمُواْ تَسۡلِيمًا  ٥٦

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi) untuk Nabi Muhammad saw. (Hai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

Kalau berbicara tenang hadroh. Hadrah adalah sebuah musik yang bernafaskan Islami yaitu dengan melantukan Sholawat Nabi diiringi dengan alat tabuhan dengan alat tertentu. Hadroh menjadi kesenian islami yang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dikisahkan pada saat baginda nabi hijrah dari makkah ke madinah, Baginda Nabi Muhammad Saw di sambut gembira oleh orang-orang anshor dengan nyanyian/syair yang dikenal dengan sholawat “thola’al badru ‘alaina” dengan diiringi tabuhan terbang.

Latihan gabungan tersebut rencananya akan dilaksanakan setiab satu bulan sekali dan untuk lokasi latihan di tentukan secara bergilir, untuk bulan November besok akan ditempatkan di SMK N 2 Kebumen.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Portal Guru

Portal Guru

28/02/2022 15:31 - Oleh Administrator - Dilihat 956 kali
Elearning

Elearning

28/02/2022 15:31 - Oleh Administrator - Dilihat 761 kali
SMARTNB

SMART NB

28/02/2022 15:26 - Oleh Administrator - Dilihat 634 kali
Sejarah SMK Nawa Bakti Kebumen

SEJARAH SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN DAN WAWASAN WIYATA MANDALA   SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN didirikan oleh Yayasan Nawa Bhakti Kebumen tanggal 25 Bulan Mei tahun 1976. Dahulu Namanya masi

11/01/2022 10:45 - Oleh Administrator - Dilihat 2005 kali
Akuntansi Keuangan Lembaga

Pelatihan Digital Entrepreneurship

27/10/2021 14:17 - Oleh Administrator - Dilihat 1072 kali